Kumpulan Data

Data yang dibutuhkan bermacam-macam dan berbeda tetapi berhubungan dengan tujuan atau tema situs. Data-data tersebut diperoleh dari client. Beberapa metode unuk memperoleh data, yaitu :

a.    Metode wawancara atau interview
Merupakan cara yang paling umum, hal ini diperlukan untuk memperoleh informasi yang lebih konteks dan  detail. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam interview
1.    Orang yang diwawncarai adalah menguasai dan mengerti permaslahan yang ada
2.    Menggunakan cara-cara yang sesuai, misal menggunakan alat perekam voice atau video
3.    Membuat daftar pertanyaan
Untuk mendapatkan hasil wawancara yang baik diperlukan beberapa teknik wawancara :
•    Menciptakan hubungan yang baik dengan client
•    Membuat janji terlebih dahulu dan membatasi waktu wawancara agar client tidak terganggu kerjanya
•    Menciptakan suasana yang positif dan kondusif
•    Menggunakan kata-kata yang baik dan hindari kalimat yang memojokkan dan jangan menunjukkan kesan anda lebih pintar
•    Hindari kesan komputer dan teknologi dapat menyelesaikan segalanya segalanya, tetapi komputer teknologi dapat membantu menyelesaikan permasalahan
•    Meminta pendapat atau usul dari client apa yang harus dilakukan dan hindari pengambilan keputusan sepihak
•    Pertanyaan harus jelas, ringkas langsung terpokok permasalahn dan jangan menimbulkan interoretasi negatif
•    Membuat ringkasan dan klarifikasi pada akhir wawancara
•    Membuat dokumentasi dan memberikan kepada client untuk memperoleh klarifikasi
b.    Metode quesioner
Quesioner adalah dokumen berupa daftar pertanyaan dengan tujuan khusus untuk mendapatkan informasi dari client. Karena sifatnya berbentuk teks maka susunan kata harus dapat dimengerti dengan jelas, yaitu :
1.    Penggunaan bahasa dan susuan kata-katanya langsung mengarah obyek
2.    Pertanyaan mudah diolah dan tidak mengulang-ulang atau berputar-putar
3.    Mudah untuk dinilai dan diisi
4.    Dapat meyakinkan client bahwa anda mengetahui persisi ruang lingkup dan permasalahannya

Kelebihan quesioner :
a.    Ekonomis, murah dan sederhana
b.    Mudah diimplementasi, diadministrasikan dan dinilai
c.    Mudah dianalisa

Kekurangan quesioner :
a.    Sulit untuk dibuat secara efektif
b.    Perlu diuji coba
c.    Hanya bersifat spesifik, terbatas dan terjawab langsung oleh client
Data-data lain yang penting dalam pembuat web adalah gambar-gambar seperti logo, produk , beberapa foto, dsb. Semua adalah dalam bentuk softcopy.

Komentar

Postingan populer dari blog ini