Pengalaman Kerja di Kantor Pos Indonesia

 Hai gaissss, mau cerita nih pengalaman kerja aku di Kantor Pos Indonesia sebagai petugas loket. Aku mulai kerja di kantor pos itu pada tahun 2018 hingga 2021, saat itu aku bekerja sambil kuliah. Untuk jadwal kuliah sendiri pagi dan siangnya aku kerja di Kantor Pos. Ketika tidak ada kelas, aku minta untuk masuk shift pagi supaya sorenya bisa istirahat ataupun mengerjakan tugas kampus. Suka duka kerja sambil kuliah tuh banyak banget gaisss, dari lelah fikiran, badan, materi dan lain sebagainya. Tapi aku selalu happy untuk menjalani ini semua.

Untuk jobdesk dari petugas loket sendiri saat itu yaitu menerima barang yang akan dikirim, lalu menginputnya pada aplikasi Pos Indonesia. Sebelum mencetak resi, petugas loket wajib memberitahukan tarif layanan kepada customer dan menjelaskan berapa lama estimasi paket akan diterima oleh penerimanya. Saat itu Pos Indonesia mempunyai berbagai layanan, dari Pos Express (1 hari sampai), Pos Kilat Khusus (2-4hari), Pos Biasa (2-3minggu) ini yang paling murah dan ukuran paketnya besar-besar, selanjutnya ada tambahan Pos Jumbo Ekonomi (1-2 minggu), Q9 (9 jam kerja) untuk wilayah Jogja dan dalam ringroad, masih ada lagi tuh tapi aku lupa, saking banyaknya dan berubah-ubah. Tapi yang saat ini masih digunakan dan banyak peminatnya tuh Pos Express, Pos Kilat Khusus dan Pos Jumbo Ekonomi.

Setelah petugas loket sudah menginfokan besaran tarif kirim kepada pelanggan, resi pun dapat diinput dan dicetak. Petugas loket juga harus teliti dengan kecamatan dan kabupaten tujuan, karena banyak sekali nama kecamatan yang mirip gitu, jika salah input bisa nyasar tuh paketnya.

Ini penampakan paket setiap penjemputan, padahal sehari bisa dijemput sama pusat 3-4 kali. Mantep gak tuh.


Btw ini aku kerjanya di Agen Kantor Pos ya gaisss, jadi punya perorangan gitu. Pada masanya ini agen nomor 1 di Jogja, karena pengiriman perhari buanyakkkk banget. 

Selain melayani pengiriman paket, Kantor Pos juga melayani pembelian materai, perangko dan pembayaran listrik, air, angsuran dan lain sebagainya. Bekerja dibagian keuangan gini banyak suka dukanya juga, dari salah memberi kembalian, dapet lebihan, salah nomor pelanggan. Tapi untungnya semua bisa teratasi, asal kita mau berusaha pasti ada jalan.

Kadang tuh yang suka aneh, hari ini laporan minus, besok laporannya ada lebihan. Kayak ada yang mainin gitu, entah perasaan aku sama temen-temen atau emang seperti itu. Tapi sering banget sih ngalamin kayak gini, tiba-tiba uang laporan lebih banyak gitu. Nanti lain hari bisa kurang.

Selama 3 tahun kerja di Kantor Pos ini banyak temen yang keluar masuk gaiss, yang bertahan juga banyak. Enaknya tuh kalau satu tim bisa diajak kerja sama dan kerjanya cepet. Kalau dapet anak baru yang kerjanya lama, terus kalau gak disuruh gak jalan hmmmm rasanya gemes banget deh. Kan namanya kerja kalau awal-awal udah dikasih tahu, dibimbing, diinfoin gitu harusnya paham yaaa. Tapi kalau berbulan-bulan masih belum paham yaaa kasian yang ngajarin dongss.

Udaaahan dulu ya gaiss, dilanjut besok lagi ceritanya 😁selanjutnya aku bakalan share pengalaman aku kerja di PT Vads yupss.

Komentar

Postingan populer dari blog ini